TEKNIK PROMOSI BUKU RESUME 28 MENULIS
Bekasi, 07 Desember 2021
1. Produk strategy adalah menulis dan mencetak buku menyeesuaikan dengan target pembaca
๐Untuk anak-anak bukunya penuh warna, Gambar tidak terlalu banyak tulisan
๐Untuk Remaja gambarnya lebih kompleks dan harus terkesan funky
๐ Berdasarkan Profesi( bisnis, guru, hobby dll)
2. Price Trategy ( Harga)
๐Harga Umum, sesuai dengan isi dan ketebalan buku yang dijual pada umumnya.
๐Harga Premium, untuk buku - buku special yang mempunya jenis cetakan tertentu dengan target pasar tertentu, biasanya ini dibeli oleh orang - orang mengutamakan life style atau kefanatikan tersendiri.
3. Place of Distribution (Strategi Distribusi)
* tradisional, melalui toko - toko buku baik toko modern maupun tradisionan
*non Tradisional, melalui online, multilevel atau marketplace
4. Promotion Strategy (Strategi Promosi)
- Launching buku.Dilakukan untuk memperkenalkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di tok0 buku atau di mana saja. Yang membiayai dan mengadakan launching buku bisa penerbit maupun penulis. Bedah Buku. Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita.
- Bedah buku ini bisa secara offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya . Selain itu bedah buku dapat dilakukan secara online. dapat dilakukan melalui di Face Book, Instagram, WA Grup, Zoom, dan sebagainya.
- Seminar ataupun workshop online dan offline sesuai dengan tema buku kita. Hal ini bisa dilakukan secara online dan offline sesuai dengan komunitas dan judul buku. Ofline dilakukan dengan tatap muka langsung di hotel, dimasjid dilembaga dll sementara online bisa Via (WA Grup, Zoom, Google Meet, Facebook, Instagram dan sebagainya).
- Membangun komunitas. Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. Komunitas bisa melalui WA Grup atau melalui zoom meeting.
- Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual. Membangun reseller juga harus dilakukan secara terus menerus dengan berkomunikasi secara baik pada seluruh reseller.
- Berjualan di marketplace. Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita. pentingnya ada di marketplace kita bisa mengecek keberadaan kita dan buku kita. Kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.
- Memanfaatkan media sosial. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi dan pengetahuan tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga ada ikatan dengan pembaca dan pembaca semakin paham dengan buku yang kita tulis. Hal ini akan memudahkan kita dalam proses mempengaruhi pikiran orang dalam membeli buku.
Selain 4 strategi diatas penullis juga harus memiliki keterampilan public speaking dan copy writing untuk kepentingan promosi.
๐ Copy Writting, merangkai kata;kata menarik dalam bentuk tulisan untuk keperluan promosi agar bisa diteruskan oleh para reseller
Komentar
Posting Komentar