TEKNIK PROMOSI BUKU RESUME 28 MENULIS

Bekasi, 07 Desember 2021



Pertemuan ke 28 ini dipimpin oleh Bapak Dail Ma'ruf sebagai moderator membersamai Bapak Akbar Akbar Zainudin yang berhasil menerbitkan buku dengan penjualan fantastis hingga ribuan, tepat sekali jika malam ini menyampaikan materi teknik Promosi Buku. 


TEKNIK PROMOSI BUKU

Sebagai penulis tidak boleh hanya bisa menulis saja tetapi juga harus bisa membantu proses penjualan buku agar bukunya juga laris terjual. sebagi penulis juga harus yakin bahwa buku yang kita tulis akan sangat bermanfaat dan budget yang dikeluarkan pembeli adalah investasi,  Jadi membeli buku tidak akan pernah rugi.

Sebelum mempromosikan buku kita harus memahami target pembacanya. Target penjualan bisa dikategorikan berdasarkan :

1. Usia
2. Life Style3. Jenis Kelamin
4. Profesi 


https://youtu.be/lZhAixv86wA

STRATEGI PROMOSI

1. Product  Strategic( Strategi Produk )
2. Price Strategic ( Strategi harga )
3.Place of Distribution ( Tempat pendistribusian)
4.Promotion Strategic ( Strategi pemasaran)


1. Produk strategy adalah menulis dan mencetak buku menyeesuaikan dengan target pembaca

 ๐Ÿ‘‰Untuk anak-anak bukunya penuh warna, Gambar tidak terlalu banyak tulisan

๐Ÿ‘‰Untuk Remaja gambarnya lebih kompleks dan harus terkesan funky

๐Ÿ‘‰ Berdasarkan Profesi( bisnis, guru, hobby dll) 

2. Price Trategy ( Harga)

๐Ÿ‘‰Harga Umum, sesuai dengan isi dan ketebalan buku yang dijual pada umumnya.

๐Ÿ‘‰Harga Premium, untuk buku - buku special yang mempunya jenis cetakan tertentu dengan target pasar tertentu, biasanya ini dibeli oleh orang - orang mengutamakan life style atau kefanatikan tersendiri.

3. Place of Distribution (Strategi Distribusi)

 * tradisional, melalui toko - toko buku baik toko modern maupun tradisionan 

*non Tradisional, melalui online, multilevel atau marketplace

4. Promotion Strategy (Strategi Promosi)

  1. Launching buku.Dilakukan  untuk memperkenalkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di tok0 buku atau di mana saja. Yang membiayai dan mengadakan launching buku bisa penerbit maupun penulis. Bedah Buku. Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita.
  2. Bedah buku ini bisa secara offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya . Selain itu bedah buku dapat dilakukan secara online. dapat dilakukan melalui  di Face Book, Instagram, WA Grup, Zoom, dan sebagainya.
  3. Seminar ataupun workshop online dan offline sesuai dengan tema buku kita. Hal ini bisa dilakukan secara online dan offline sesuai dengan komunitas dan judul buku.  Ofline dilakukan dengan tatap muka langsung  di hotel, dimasjid dilembaga dll sementara online bisa Via (WA Grup, Zoom, Google Meet, Facebook, Instagram dan sebagainya).
  4. Membangun komunitas. Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. Komunitas bisa melalui WA Grup atau melalui zoom meeting.
  5. Membangun jaringan reseller. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual. Membangun reseller juga harus dilakukan secara terus menerus dengan berkomunikasi secara baik pada seluruh reseller.
  6. Berjualan di marketplace. Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita. pentingnya ada di marketplace kita bisa mengecek keberadaan kita dan buku kita. Kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.
  7. Memanfaatkan media sosial. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi dan pengetahuan tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga ada ikatan dengan pembaca dan pembaca semakin paham dengan buku yang kita tulis. Hal ini akan memudahkan kita dalam proses mempengaruhi pikiran orang dalam membeli buku.







Selain 4 strategi diatas penullis juga harus memiliki keterampilan public speaking dan copy writing untuk kepentingan promosi. 
๐Ÿ’šPublic Speaking  agar Promo yang kita sampaikan secara lisan daoat dikemas dengan tutur kata yang baik bisa dipublikasikan secara  melalui berbagai medsos.

๐Ÿ’š Copy Writting,  merangkai kata;kata menarik dalam bentuk tulisan untuk keperluan promosi agar bisa diteruskan oleh para reseller



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGELOLA JEJAK DIGITAL

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK RESUME 27 BELAJAR MENULIS

BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL RESUME 16 LITERASI DIGITAL